Keris, senjata khas masyarakat jawa

Bagi masyarakat Jawa keris merupakan senjata atau benda pusaka yang disinyalir mempunyai pamor atau kekuatan magis,keris juga sebagai senjata berperang dan membela diri.

Keris memiliki dua komponen yaitu bilah dan kerangka atau warangka,bentuk bilah keris itu unik yaitu bilah yang berkelok-kelok serta ada pamornya.Pada zaman kerajaan dulu bilah keris ini ada yang terbuat dari logam dan ada pula yang terbuat dari batu meteor.

Mpu atau orang yang ahli membuat keris atau pusaka ini,dalam membuat keris atau pusaka harus seorang mpu akan melakukan tirakat atau semacam nya jadi pada zaman dulu tidak begitu saja membuat keris atau benda pusaka.

Menurut sejarahnya, keris ini berada sejak zaman kerajaan Majapahit jadi kita bisa menganalisa kalau keris ini juga tersebar ke berbagai daerah terpengaruh oleh kerajaan Majapahit.Wilayah itu meliputi sumatera, Sulawesi,Bali, Kalimantan Nusa tenggara,Madura, semenanjung Malaya, Filipina serta Thailand.Seiring dengan penyebaran tersebut keris memiliki berbagai corak yang khas di setiap daerah atau wilayah itu sendiri.

Keris merupakan warisan budaya bangsa Indonesia yang memiliki estetika yang tak ternilai,bukan hanya warisan budaya Nusantara tapi juga termasuk warisan dunia,hal tersebut tertuang atau masuknya keris dalam UNESCO sebagai warisan budaya dunia non bendawi manusia tahun 2005.

Diterbitkan oleh gerbangraja

penulis ingin berbagi pengetahuan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web Anda dengan WordPress.com
Mulai
%d blogger menyukai ini: